Jumat, 22 Januari 2016

Focusrite Liquid Saffire 56

Pada era modern ini, kita disuguhkan berbagai macam pilihan soundcard yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing - masing. Soundcard merupakan komponen yang sangat penting untuk melakukan rekaman berbagai macam alat musik. Kita memang bisa mengandalkan soundcard yang terdapat di dalam PC untuk sekedar melakukan rekaman satu atau dua alat musik tetapi, jangan harap mendapatkan kualitas yang sempurna apalagi jika kita ingin merekam lebih dari 2 alat musik sekaligus.

Maka dari itu, Dover Music Media memilih Focusrite Liquid Saffire 56 sebagai soundcard andalan dalam urusan merekam vocal dan berbagai macam alat musik.


Focusrite bekerjasama dengan Sintefex untuk menghasilkan sebuah "liquid channel". Liquid Channel adalah satu saluran pre-amp mic, kompresor, dan equalizer yang mampu menyuguhkan pemodelan yang lebih luas dari pre-amp dan sinyal prosesor yang sudah kita kenal. Tentunya fitur tersebut terlihat mahal dan elegan. 

Focusrite Liquid Saffire 56 ( atau disebut Liquid 56) merupakan dua tempat antarmuka "mutlichannel computer audio" yang dihubungkan dengan kabel "firewire" I/O dan mixer "built-in" DSP untuk mengurangi latency saat monitoring hingga 0. Hal tersebut didapat dengan memanfaatkan dua channel mikrofon pre-amp dengan sepuluh macam pemodelan "liquid" pre-amp yang sudah dikenal sebelumnya selain enam pemodelan pre-amp standar. Soundcard ini disebut liquid 56 karena memiliki 28 input dan 28 output. Selain itu, ada dua set input optik ADAT (sebuah audio "interface" sebagai jalur untuk menghubungkan peralatan audio yang berbeda), output sebanyak 8 channel di mana masing - masing channel memiliki panel volume untuk mengatur suara alat musik yang direkam saat melakukan monitoring, dan sepasang stereo input RCA S/PDIF dan kabel jack output. Soundcard ini dihubungkan ke MacBook dengan kekuatan RAM sebesar 8GB sebagai media untuk mengoperasikannya karena soundcard ini membutuhkan RAM yang cukup besar minimal 4GB.

Saat merekam berbagai macam alat musik dan vokal menggunakan Focusrite Liquid Saffire 56, hasilnya sangat memuaskan. Tidak ada distorsi yang mengganggu dari kabel konverter, pre-amp mikrofonnya pun sangat jernih mengingat keunggulan dari focusrite adalah pada pre-amp nya yang dapat menghasilkan suara mikrofon yang jernih. Dengan harganya yang cukup mahal, soundcard ini menunjukkan kinerjanya yang bagus dan hampir tidak ada kekurangan pada produk ini bahkan kita tidak memerlukan kerja keras untuk meng-edit suara yang sudah direkam agar terdengar baik sehingga kita bisa langsung melakukan proses mixing.

Demikian review mengenai Focusrite Liquid Saffire 56, jika anda ingin mendengarkan hasil rekaman dengan soundcard ini, anda bisa melakukan demo recording di Dover Music Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar