Sabtu, 05 Maret 2016

Mesin Instrumen Musik Menggunakan 2000 Kelereng

Baru - baru ini, dunia musik dihebohkan dengan penciptaan sebuah mesin bernama Wintergatan Marble Machine di mana mesin ini mampu memainkan instrumen musik menggunakan 2000 kelereng sesuai dengan namanya. Mesin ini merupakan hasil karya yang jenius dari seorang musisi asal Swedia bernama Martin Molin. Secara keseluruhan mesin ini terbuat dari bahan kayu sebagai kerangkanya dan beberapa alat musik tradisional seperti kick drum, gitar bass yang menjadi satu dengan mesinnya, vibraphone, dan alat perkusi lainnya serta 2000 kelereng. Ini merupakan hal yang baru dalam dunia musik pada era saat ini karena kita belum pernah menemukan inovasi yang kreatif dan jenius sekalipun teknologinya hanya menggunakan alat musik sederhana dengan kerangka dari bahan kayu tetapi, pembuatan mesin ini penuh dengan perhitungan yang matematis.



Martin Molin adalah salah satu personil band The Detective Agency yang bergenre Swedish Electronica dan Folk Music. Dia dilahirkan tepatnya di Karlstad, Varmlan County, Swedia. Dia mulai membentuk band tersebut bersama kedua temannya pada tahun 2005. Antara tahun 2006 hingga 2008, The Detective Agency melakukan tour dengan dukungan penuh dari radio - radio di Swedia serta acara musik televisi bernama MTV Europe. Pada tanggal 2 Maret 2015, dia bekerjasama dengan Hannes Knutsson untuk membuat video demo Wintergatan Marble Machine yang dimainkan oleh Martin Molin sendiri dan beberapa hari kemudian video tersebut di upload di Youtube.

Molin memulai mengerjakan mesin ini sejak bulan Agustus tahun 2014 dan memperkirakan selesai dalam waktu 2 bulan. Pengerjaan tersebut terasa semakin rumit ketika dia harus menciptakan 3000 bagian inti yang berfungsi untuk menjalankan mesin tersebut dan dikerjakan secara "handmade". Dan akhirnya pengerjaan mesin in berlangsung selama 14 bulan. Sebelum membuat mesin tersebut, Molin merancang desain 3D nya menggunakan sebuah software.

Cara memainkan mesin ini pertama - tama, kita harus memutar knop di sebelah kanan. Knop ini akan menggerakkan komponen semacam eskalator untuk kelereng dari bawah ke atas. Ketika kelereng sudah sampai di atas, mereka akan menggelinding ke 22 pipa kecil. Kelereng ini akan berjatuhan ke alat musik perkusi dan senar bas yang berada tepat di bawah pipa - pipa tersebut. Cara menjatuhkannya adalah menarik tuas (seperti menyalakan lampu jalan di kotak listrik pusat) sehingga sekat penahannya akan terbuka dan kelereng jatuh di bagian alat musik yang ditentukan. Tuas - tuas tesebut sudah diberi nama "Bass", "Vibraphone", "Glockenspile", dan lain sebagainya supaya tidak membingungkan pemainnya. Untuk menghentikan seluruh perputaran mesinnya, tarik saja tuas "Breakdown" di dekat posisi tuas pemutar kelereng. Jika anda ingin melihat lebih lengkap tentang cara pembuatannya mulai dari awal hingga selesai, silahkan kunjungi channel Wintergatan di Youtube. Dan berikut adalah beberapa foto dari Wintergatan Marble Machine saat dimainkan.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar