Senin, 11 April 2016

Zayn - "Befour" Menggambarkan Kehidupan Generasi Sekarang

Zain Malik mengeluarkan hits single terbarunya berjudul "Befour" pada bulan April ini. Lagu ini memiliki efek suara syntehsizer yang dominan, beberapa jeda suara hening, suara drum loops, dan suara vokal yang dimanipulasi seperti bernyanyi di depan mic yang sangat besar atau megaphone. Dimulai dengan suara ambiance dari synthesizer dan kata "I've done this before but not like this" yang diberi efek delay, filter, dan reverb yang dapat mengangkat mood sebelum masuk ke bagian lirik.



Secara harafiah, "Befour" adalah tentang kelurnya Zain dari One Direction (tertera pada bagian lirik ke2). Jika dilihat dari makna secara umum, menunjukkan tentang sisi yang sebenarnya dari kehidupan generasi muda selama seribu tahun kultur "pop" merajalela di seluruh dunia hingga sekarang. Dipaksa untuk menerima banyak hal sejak kecil, kemudian mengalami tekanan psikologis menjadi pendiam dan pemurung. Akhirnya mereka kekurangan perhatian dan tidak memiliki tempat untuk meluapkan emosi mereka. "Inovasi" adalah sebuah mantra yang dimasukkan ke dalam otak mereka. Generasi saat ini dipaksa untuk terus berinovasi hingga kehabisan akal bahkan merasa putus asa jika tidak bisa mewujudkannya. Dan akhirnya kebanyakan dari mereka melakukan "jalan pintas" untuk mewujudkan "inovasi" tersebut yang tidak mereka sadari telah menyebabkan banyak kerusakan seperti merugikan pihak lain, banyaknya konflik, bahkan orang tua yang mengalami peningkatan hutang dan tidak memiliki jaminan untuk hidup layak karena tuntutan dari generasi tersebut.



Pada lirik pertama lagu ini mengatakan,"I don't drink to get drunk, I fell all the right funk, If there's something I want, I'll take all the right wrongs, Now I'm gonna stay in my zone, I'm tired of picking that bone, And I can be bothered to fight it no more, no!" Pesan ini tentang pengendalian diri untuk menghindari kelakuan yang merugikan diri kita sendiri. Adegan dalam video clip nya tentang beberapa anak muda yang sedang berkumpul dan berkomunikasi satu sama lain. Ada Zain yang mengenakan hoodie berwarna kuning, putih, dan hitam.

Chorus dalam lagu ini mengatakan "Numb on a Roof, Set it on Fire, Just to give me proof, I'm living on a wire". Menceritakan tentang generasi saat ini mengekang diri mereka sendiri dengan kebiasaan yang mereka ciptakan.



Bagian reff nya berkata "So say what you wanna say, what you wanna ; So say what you gotta say, what you gotta say, now ; Shame is you wan't say that to my face" . Lirik ini seperti menyindir seseorang yang "menusuk" Zain dari belakang. Orang yang tidak berani menyelesaikan masalah secara jantan. Mungkin orang tersebut berkelakuan baik di depan dia tetapi membicarakan hal yang buruk di belakangnya.

Sepertinya, Zain membahas sedikit masalahnya mengapa dia keluar dari One Direction melalui bagian lirik ke 2, "Time for me to move on, So many hours have gone, Heart beats the pump of my blood, No strings for you to pull on, You've got your tongue in your cheek (mungkin menyindir tentang keangkuhan seseorang), So pardon if I don't speak, Can't tune my chords into your song, no" (tidak dapat melengkapi susunan nada dalam lagumu lagi).

Secara keseluruhan, video clip dari lagu ini menunjukkan tentang aktifitas anak muda mulai dari hang out, latihan fisik atau olahraga, mengubah penampilan dengan cukur rambut, berbelanja berbagai macam makanan, dan lain sebagainya. Anda bisa melihatnya di Zayn - Befour.

Ini hanyalah opini tentang lagu yang dikeluarkan oleh Zayn. Bila ada kesalah pahaman informasi kami meminta maaf. Bila salah satu dari anda memiliki informasi yang sebenarnya tentang lagu ini, silahkan share di kolom comment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar