Minggu, 21 Februari 2016

BERMAIN BEATBOX KINI KIAN CANGGIH

Beatbox merupakan salah satu keahlian dalam meniru berbagai macam suara alat musik menggunakan bibir / mulut. Suara yang bisa ditirukan biasanya adalah jenis suara yang berbasis MIDI atau DJ. Dalam dunia hip - hop, beatbox mulai dikenal sejak tahun 1950 - an. Kata beatbox secara harafiah mengacu pada mesin drum generasi pertama. Ciri khas dari mesin drum ini adalah suara snare yang dominan basah dan suara kicknya yang kurang "punch" dan pada era tersebut, orang yang ahli dalam melakukan beatbox disebut sebagai Human Beat Box.


SEJARAH SINGKAT BEATBOX



Sebenarnya, munculnya permainan beatbox ini terinspirasi dari permainan acapella yang dipopulerkan oleh musisi - musisi jazz dan swing sebelum tahun 50an. Seiring berjalannya waktu, para musisi tersebut mulai bosan dengan improvisasi acapella yang "itu - itu" saja maka, lahirlah teknik "Bebop" pada tahun 30an di mana para musisi jazz dan swing wajib menyuarakan suara unik yang tidak dimiliki oleh alat musik seperti drum, gitar, bass, dan sejenisnya dan belum pernah didengar oleh telinga manusia.

Salah satu teknik yang digunakan dalam Bebop adalah "Scatting" di mana teknik ini digunakan untuk improvisasi harmoni dan kemampuan vokal para penyanyi jazz terutama solo. Para penyanyi akan menyuarakan kata - kata buatan yang terdengar seperti terompet dan saxofhone yaitu kata "doot", "wamp", "bapadoo". Pada abad ke 17, para budak Afrika dibawa ke perekebunan di Jamaika dan Amerika dan terjadi peleburan antara musik Afrikan dan Eropa. Pengembangan musik acapella dihasilkan oleh para budak Afrika yang menyanyikan lagu - lagu dengan menggunakan suara yang lebih variatif seperti frekuensi bas rendah, inhale snare (menirukan suara snare dengan cara menarik nafas), suara klik pada lidah, perkusi, dan lain - lain. Kemudian beatbox berkembang ke penjuru dunia setelah Joel Turner (Australia) mendekalarasikan album di mana seluruh lagunya menggunakan "drum" beatbox. 

PERKEMBANGAN BEATBOX SAAT INI

Sampai saat ini, komunitas beatbox terus bermunculan dari seluruh penjuru dunia. Banyak kompetisi beatbox (paling banyak di Jerman) yang diadakan untuk mempopulerkan dan menyebarluaskan seni bermain musik menggunakan beatbox. American Beatbox Championship 2015, adalah salah satu kompetisi bergengsi yang pesertanya adalah para beatboxer profesional seperti Alem, Rascal, Chris Celiz, Mark Martin, beatboxer wanita bernama Kalia (yang masuk semifinal), dan masih banyak lagi. Sayangnya, untuk mengetahui pemenangnya kami harus menunggu acara ini diadakan lagi pada bulan mendatang. Teknik dasar dalam memainkan beatbox adalah teknik pernafasan di mana kita harus mengetahui celah untuk mengambil nafas maupun membuang nafas sambil mengucapkan beberapa kata yang menghasilkan ketukan. 

Pada tahun 2010 hingga saat ini, para beatboxer mulai menggunakan alat pendukung layaknya gitaris yang menggunakan stompbox untuk mendukung permainan "solo" nya. Alat itu biasanya disebut Loop Station yang merupakan alat untuk memberikan efek "perulangan" pada suara yang kita hasilkan. Contohnya seperti seorang vokalis yang tampil disebuah panggung dan menyanyikan lagu di mana lagu tersebut membutuhkan suara "backing vocal". Dengan alat ini, vokalis tersebut bisa "mem-backing" suaranya sendiri dengan menyanyikan bagian lagu yang ingin di "backing" sambil menekan sebuah tombol pada loop station menggunakan kaki. Ketika tombol dilepas, maka bagian lagu tersebut akan tersimpan dan bisa dikeluarkan menggunakan tombol tertentu untuk memberikan kesan seolah - olah  ada orang lain yang "mem-backing" suaranya. Biasanya vokalis tersebut akan melakukan teknik "suara satu dua" untuk menghasilkan harmonisasi yang indah.  

Sedangkan untuk beatboxer, loop station digunakan untuk memperkaya suara yang dihasilkan sehingga terdengar semakin komplex dan memainkan alat ini saat beatboxing serasa seperti seorang DJ yang mencampur berbagai macam instrumen lagu. Kita akan membahas secara garis besar bagaimana cara menggunakan loop station. Alat yang akan kita bahas adalah Boss RC 505 Loop Station.


CARA KERJA LOOP STATION


Tombol "A", "B", dan "C" di samping kanan dan kiri berfungsi untuk menambhkan efek delay, reverb, chorus, dan sejenisnya. Tombol play / record pada channel 1,2,3, dan 4 adalah tombol utama untuk melakukan looping dengan merekam suara kita. Untuk memulai merekam suara, tekan tombol play / record pada channel 1 misalnya. Perlu di ingat, tempo harus stabil saat merekam suara agar suara di channel satu bisa sinkron dengan channel lainnya. Misalnya kita memainkan beat 4 / 4 dengan menyuarakan suara kick pertama kali di channel 1 maka, tekan tombol play / record sekali saja kemudian mainkan suara kick dengan beat 4 / 4. Setelah ketukan ke 4, tekan lagi tombol tersebut maka, suara akan tersimpan. Suara di channel 1 akan terus diulang sambil kita bisa merekam suara selanjutnya di channel 2 dan seterusnya. Setelah kita mengisi semua channel, kita bisa melakukan mixing layaknya seorang DJ dengan menggunakan panel volume di pojok kanan atas. Panel tersebut dapat memberi efek "cut", "filter", "beat repeat", "granular delay", dan masih banyak lagi. Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut, anda bisa mengunjungi situs ini.

Kecanggihan teknologi Loop Master ini juga dimanfaatkan oleh beatboxer asal jepang dengan inisial KRNFX. Dia pernah meng-upload video tutorial beatbox dasar dan sering meng-cover lagu top 40 dengan teknik beatbox. Beberapa hari kemarin KRNFX meng-cover lagu dari The Weekend - The Hills dengan durasi 4:37 yang di upload di Youtube (sudah dilihat 583.665 kali). Tentunya masih banyak musisi beatbox yang ada di dunia. Memang beatbox belum marak di Indonesia tetapi, sudah banyak komunitas - komunitas kecil yang muncul dan salah satu Youtuber terkenal bernama Laurentius Rando merupakan pendiri komunitas The Jakarta Beatbox Clan yang sudah memiliki sekitar 300 anggota.

Artikel yang berkaitan :





3 komentar:

  1. sejak kapan alem ikut kompetisi america beatbox chamnpionship, yg ada dia jadi juri. dan jga KRNFX asalnya dari canada bukan jepang..

    BalasHapus
  2. Jepang itu cuman keturunan aja bro . Asal canada si doi

    BalasHapus
  3. Mbahnya saja yg suruh kaya lalu bagi bagi ke kita....

    Tolol jamam gini msh main psugihan....pemalas...

    Klu kaya lumayan tu bayar utang negara... Goblok

    BalasHapus