Rabu, 17 Februari 2016

PESAN TERSEMBUNYI LAGU DALAM BACKMASKING

Sudah berapa banyak lagu yang kita dengarkan? Dalam setiap aktifitas kita, musik selalu menemani kapanpun dan di manapun. Kita pasti memiliki beberapa bahkan banyak lagu favorit terutama lagu top 40 yang mudah kita dapatkan melalui internet. Kebanyakan lagu yang kita dengarkan pasti memiliki lirik baik menceritakan pesan yang positif (seperti lagu yang mengajak kita untuk pantang menyerah, melihat dunia lebih luas, mengejar mimpi, dan sebagainya) maupun pesan yang negatif (seperti lagu - lagu populer saat ini yang menceritakan tentang kehidupan sex, perselingkuhan, dan kebebasan tanpa mengikuti satupun aturan). 



Pernahkah anda berpikir untuk memutar lagu - lagu tersebut secara terbalik atau di - reverse? Memutar lagu dengan membalikkan frekuensinya disebut teknik backmasking. Di era 80-an, backmasking pertama kali digunakan oleh band the Beatles dan dalam waktu singkat teknik tersebut mendadak populer di kalangan musisi (terutama band rock) untuk digunakan dalam lagu - lagu mereka. Maksud dari backmasking ini adalah menyiratkan pesan tersembunyi yang tidak bisa ditangkap oleh pikiran bawah sadar.

Contoh lagu yang menggunakan backmasking adalah lagu dari The Beatles - Number 9. Lirik dari lagu ini hanyalah kata "Number 9" yang disebutkan oleh seorang pria. Lagu ini berasal dari album Revolution 9 dan dimainkan selama 9 menit. Jika anda memutar balik lagu ini, maka akan terdengar kata - kata "Turn Me on Dead Man", selama 9 menit. Lagu ini sangat terkenal pada waktu itu karena dianggap memiliki kaitan dengan kematian Paul McCartney saat mengalami kecalakaan mobil. Anda bisa mendengarkan lagu ini di Youtube. Lagu lainnya adalah dari Katty Perry - Wide Awake. Jika kita me-reverse lagu ini, kita akan mendengar banyak kata - kata penghinaan Tuhan, merendahkan saudara, dan mengajak kaum wanita untuk menjadi janda yang artinya tidak perlu mempertahnkan pernikahan. Kata - kata ini terus di ucapkan dengan kalimat yang sama dan singkat hingga akhir lagu. Kalimat yang singkat dan mudah dimengerti tentunya mudah masuk ke alam bawah sadar kita dan pesan negatif ini tidak dapat diterima atau disadari oleh alam sadar ketika kita mendengarkan secara forward.

Ada juga link youtube berbahasa inggris yang mengulas tentang backward song di Channel BSwithluke untuk melihat informasi lebih lengkap. Kita memang harus berhati - hati dalam mendengarkan lagu sekuler di mana kebanyakan menyampaikan pesan negatif yang tidak kita sadari. Pesan negatif ini tidak akan langsung mengubah perilaku kita tetapi, perlahan - lahan alam bawah sadar akan dipengaruhi dan kita bisa saja bertindak sesuai dengan pesan - pesan tersebut dalam situasi tertentu atau jika ada media yang memicu kita untuk melakukan hal - hal tersebut. 

Pada akhirnya, anda memiliki pilihan untuk mempercayai hal tersebut atau tidak karena sampai sekarang, teori backmasking masih diperdebatkan dikalangan musisi dan masyarakat mengingat dampak yang disebabkan lagu - lagu tersebut tidak dapat dibuktikan secara langsung.



Artikel yang berkaitan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar