Rabu, 27 Januari 2016

SOFTWARE RECORDING PALING UNIK

Pada artikel sebelumnya sudah di bahas mengenai beberapa alat pendukung aktifitas rekaman di mana semuanya memiliki kualitas yang tidak diragukan. Alat - alat tersebut tidak dapat digunakan untuk melakukan rekaman bila tidak memiliki media laptop / PC untuk mengoperasikannya. Dover Music Media menggunakan sebuah software rekaman khusus untuk Mac Book-nya bernama Ableton Live. Software ini merupakan software besutan Apple sehingga satu produk dengan Mac Book yang dipakai. Versi software yang digunakan hingga saat ini masih Ableton Live 7. Lalu, mengapa tidak menggunakan versi software yang terbaru? Hal ini karena Ableton Live 7 sudah memenuhi syarat untuk melakukan seluruh aktifitas rekaman di Dover Music Media. Bila memang diperlukan, suatu saat software ini akan di upgrade ke versi yang lebih baru. Sekarang, kita akan membahas tentang keunggulan software ini.



Ableton merupakan sebuah perusahaan asal Jerman yang memproduksi software DAW (Digital Audio Workstation) dan hardware pendukungnya, Ableton Push. Software ini sangat cocok digunakan untuk para DJ yang ingin tampil secara live karena tampilannya yang interaktif dan beberapa tools yang memudahkan untuk menggabung lagu dalam waktu yang cepat. Namun, software ini juga memiliki tampilan media kerja yang baik saat digunakan untuk sesi rekaman.

Gambar di atas merupakann "screenshot" dari proses rekaman beberapa track. Pada bagian atas terdapat beberapa icon yang salah satunya berfungsi untuk melakukan play, pause, stop, dan record. Kita juga dapat mengatur kecepatan metronome dan membiarkan suara metronome keluar saat kita merekam alat musik dengan beberapa tombol yang ada di pojok kiri atas. Pada bagian kanan terdapat beberapa tools untuk mengatur volume per track, memutar track satu - per satu - dan merekam suara pada salah satu track. Di bagian tengah software tersebut merupakan tempat di mana berbagai macam track disusun. Kita dapat mengganti, menghapus, bahkan menumpuk track yang salah dengan mudah tanpa harus kawatir kehilangan track tersebut karena software ini memiliki fitur untuk menyimpan "history" atau hal yang sudah kita kerjakan beberapa detik / menit sebelumnya. Kita bisa melihat detil grafik suara, mengatur equalizer, dan menggambar nada pada fitur yang terdapat di bagian bawah kolom track. Dan di bagian kiri terdapat browser. Browser merupakan tempat berbagai macam plug-in suara dari software itu sendiri. Kita juga dapat menambahkan plug-in suara selain produk dari Ableton ke browser dengan cara memasangkan plug-in tersebut menggunakan cara yang dianjurkan masing - masing produk. Untuk plug-in tambahan yang kami gunakan adalah "Kontakt".

Jika dilihat sekilas, software ini memiliki kemiripan alur kerja dengan FL Studio versi 11. Yang membedakannya adalah saat kita mengatur setiap equalizer masing - masing track, kita dapat mengklik tombol yang mengubah tampilan grafik beberapa track menjadi seperti equalizer di mana track 1 digambarkan menjadi grafik volume 1, track 2 menjadi grafik volume 2, dan seterusnya. Hal ini memudahkan proses mixing yang dilakukan karena volume suara dapat terlihat dengan jelas. 

Keunggulan lain dari software ini adalah suara MIDI yang dihasilkannya terkesan halus / mendekati aslinya terlebih suara pada plug-in drum. Banyak sekali macam suara MIDI drum yang memiliki karakteristik yang berbeda sehingga kita bisa memilih mana suara yang cocok untuk berbagai genre lagu. Selain dari Ableton, kami menggunakan plug-in suara drum lain dari "Kontakt" untuk menambah koleksi suara saja. Kontakt juga memiliki berbagai macam plug-in efek gitar elektrik yang dapat diatur secara manual atau otomatis sesuai pengaturan dari plug-in tersebut. Hal ini tentu cukup praktis dan menghemat waktu karena kita tidak perlu men-setting efek fisik dan hal lainnya yang memakan waktu cukup banyak.

Melakukan rekaman di Dover Music Media memberikan anda kemudahan dan kinerja yang efisien karena sudah di dukung dengan software Ableton Live yang lengkap serta alat - alat pendukung rekaman berkualitas tinggi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar