Minggu, 24 Januari 2016

SPEAKER MONITOR WAJIB UNTUK REKAMAN

Untuk mendengarkan suara dalam proses rekaman tentunya kita membutuhkan sebuah speaker monitor yang cukup flat dan memiliki kemampuan untuk mengeluarkan detil suara yang baik. Setiap keputusan yang kita ambil dalam menentukan baik atau buruknya hasil rekaman ditentukan dari apa yang kita dengar begitu pula kemampuan me-mixing segala macam suara dalam banyak track juga ditentukan dari suara yang dihasilkan speaker monitor. Speaker monitor memiliki kualitas yang beragam sesuai dengan harganya mulai dari entry - level untuk pemula yang baru mengenal dunia rekaman hingga premium - level untuk para produser musik profesional.

Pada kesempatan kali ini, Dover Music Media akan membahas tentang speaker monitor kelas premium yang sudah diakui keunggulannya oleh banyak produser musik yaitu Rokit 5 G3 dengan KRK System. Kami pun dibuat takjub dengan kemampuan dari spekaer monitor ini. 

KRK System merupakan salah satu produsen spekar monitor yang paling direkomendasikan di dalam dunia produksi musik. Produk ini diciptakan oleh para ahli dalam industri KRK System dengan memberikan respon suara yang seimbang dan natural dengan distorsi yang rendah dan kesan yang superior. Terdapat 5" woofer dalam produk ini karenanya dinamakan Rokit 5. Respon frekuensi yang dihasilkan yaitu antara 35 Hz hingga 45Hz. SPL makasimumnya hingga 106 dB, batas yang sangat tinggi untuk mendengarkan frekuensi suara yang cukup keras. Tenaga outputnya adalah 50 W (20 W High / 30 W Low). Input impedance - nya sebesar 10 K Ohm (balanced). Kelas amplifier yang diusung speaker ini adalah AB di mana kelas ini merupakan gabungan antara amplifier kelas A dan B. 

Sekedar informasi, untuk spekaer dengan amplifier kelas A, berbagai macam sinyal yang dihasilkan oleh speaker kelas tersebut hasilnya sama persis dengna sinyal inputnya. Dengan kata lain, amplifier ini berbanding lurus antara output dan inputnya. Salah satu karakter amplifier kelas A adalah transistornya yang bekerja terus - menerus (meskipun dalam kondisi idle) dengan tenaga penuh sehingga mudah panas. 

Sedangkan amplifier dengan kelas B, sinyal positif dan negatif masing - masing ditangani oleh bagian yang berbeda dalam rangkaian sirkuitnya. Karakteristik speaker dengan amplifier kelas B merupakan kebalikan dari kelas A di mana transistor tidak bekerja terus - menerus sehingga bekerja lebih dingin dari kelas A. Sayangnya, amplifier pada kelas ini akan terdistorsi pada frekuensi tertentu yang ter "cross-over" karena transistornya tidak bekerja setiap saat.

Lalu, apa kesimpulannya? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Rokit 5 mengusung amplifier kelas AB dengan karakteristik transistor pada speaker ini bekerja seperti kelas A tetapi dengan tingkat level output yang lebih rendah. Ada cukup arus yang mengalir melalui masing - masing perangkat untuk tetap beroperasi sehingga respon untuk frekuensi tertentu cukup cepat (tidak terdistorsi).

Sejauh ini, belum ditemukan kekurangan yang signifikan pada produk ini. Spekaer ini mampu memonitor berbagai suara dengan baik dalam banyak genre lagu termasuk lagu - lagu cadas bergenre metal atau hardcore. Detail suara yang dihasilkan pun cukup mengesankan terlebih jika digunakan untuk memantau hasil rekaman suara gitar akustik dan biola. Setiap petikan dari senar gitar akustik dapat ditangkap secara penuh begitu pula gesekan senar yang dihasilkan oleh biola (suara tone yang dihasilkan sangat memuaskan).

Jika anda tertarik untuk merasakan kehebatan speaker ini, anda bisa melakukan rekaman di tempat kami dan buktikan sendiri keaslian suara dari hasil rekaman setiap alat musik anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar