Kamis, 18 Februari 2016

PIANIS CILIK INDONESIA SEMPAT MERAIH DUA NOMINASI GRAMMY

Beberapa hari ini, kalangan musisi jazz dunia dihebohkan oleh kehebatan pianis cilik asal Indonesia bernama Joe Alexander. Dia adalah pianis jazz yang kemampuannya bisa dikatakan sudah mencapai keahlian pianis jazz kalangan dewasa. Karena kemampuannya tersebut dia sempat meraih 2 nominasi grammy awards 2016 dalam kategori Best Jazz Instrumental Album untuk albumnya yang berjudul My Favorite Things dan Best Improvised Jazz Solo untuk single nya yang berjudul Giant Steps.



Dalam nominasi Best Jazz Instrumental dia bersaing dengan Terence Blanchard feat. The E-Collective (Breathless), Robert Glasper & The Robert Glasper Trio (Covered : Recorded at Capitol Studios), Jimmy Greene (Beautiful Life), dan juga John Scofield (Pas Present). Sedangkan untuk nominasi Best Improvised Jazz Solo, dia bersaing dengan Christian McBride (Cherokee), Dony McCaslin (Arbiters of Evolution), Joshua Redman (Friend or Foe), dan John Scofield (Past Present).

BIOGRAFI JOE ALEXANDER DAN JOHN SCOTFIELD



Jika kita lihat ada John Scofield juga mendapat dua nominasi layaknya Joe Alexander. John Scofield adalah gitaris jazz - rock asal America, dilahirkan di Dayton, Ohio, Amerika Serikat. Lagunya yang terkenal berjudul Pas Present ini merupakan hasil kolaborasi dari Bill Stewart (drum), Joe Lovano (Saxofon), dan Larry Grenadier (Bass). Anda bisa mendengarkan lagunya di sini.

Joe Alexander (Josiah Alexander Sila)dilahirkan di Denpasar, Bali  pada tanggal 25 Juni 2003 dan sekarang berumur 12 tahun. Dia mempelajari teknik permainan piano dan improvisasi jazz secara otodidak pada umur 6 tahun. Pada waktu itu, Joe Alexander diberi hadiah sebuah piano elektrik dari ayahnya. Sebelumnya, sejak kecil dia sudah diperkenalkan tentang musik jazz oleh kedua orang tuanya (Denny Sila dan Farah Leonora Urbach) yang juga penggemar musik jazz. Ayahnya adalah musisi amatir dan memiliki beberapa karya koleksi album klasik.



Album perdana Joe Alexander, My Favorite Things diluncurkan pada tanggal 12 Mei 2015, oleh label Motema Music yang berada di Harlem (diproduksi oleh Jason Olaine). Pada saat itu, Joe berusia 11 tahun. Ia memulai proses rekaman pada bulan Oktober 2014 dengan mengaransemen semua lagu dalam album tersebut salah satunya Giant Steps. Joe juga memasukkan komposisinya sendiri berjudul Ma Blues yang terinspirasi dari karya Bobby Timmons, Moanin. Album My Favorite Things adalah hasil kolaborasi dari band pengiring yang beranggotakan Russell Hall (BAss), Alphonso Horne (Terompet), dan Sammy Miller (Drum), juga bintang tamu Larry Grenadier dan Ulysses Owens.


Sayangnya, pemenang Grammy Awards dalam kategori jazz adalah  John Scofield - Past Present. Tetapi, Joe Alexander adalah pianis jazz Indonesia pertama yang masuk nominasi Grammy Awards dan dia sudah mengharumkan nama Indonesia. Anda bisa mendengarkan lagu Joe Alexander di sini.

Artikel yang berkaitan :
Liputan 6 , Rolling Stones , Joe Alexander Wikipedia , John Scotfield Wikipedia



Tidak ada komentar:

Posting Komentar