Senin, 18 April 2016

Warna Baru Dalam Lagu Menanti Sebuah Jawaban

Generasi anak 90an pasti sudah pernah mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Padi - Menanti Sebuah Jawaban. Lagu ini cukup memorable jika dinyanyikan pada era saat ini karena permainan chord nya yang memiliki ciri khas dan melodi vokal yang memperkuat karakter lagunya. Kali ini, sebuah acara bernama Music Everywhere (NET TV) menghadirkan seorang musisi muda, Firly Firlana. Dia berkolaborasi dengan Piyu (Padi) untuk mengaransemen lagu tersebut dengan progresi kord yang lebih segar. Menurut Firly, lagu ini memiliki cerita di kehidupannya. Bukan soal cinta, tetapi soal mengejar impian dan harapan yang dia nantikan selama ini.


Pada bagian bait, lirik dinyanyikan dengan di iringi petikan gitar elektrik (clean) dan drum (beat RnB). Kemudian disusul dengan suara bass yang mengiringi bagian bait selanjutnya. Ketika memasuki reff pertama, permainan drum yang simpel dipadukan dengan strum gitar yang dijeda beberapa ketukan serta permainan bass yang mengikuti pola kick drum membuat suasana yang "fresh" pada lagu ini. Alunan tuts piano mulai masuk pada bagian reff ke 2, interlude, hingga reff terakhir yang di improvisasi sedikit. Kemudian lagu ini ditutup dengan pengulangan bait di mana suara vocal diberi efek delay.  


Ketika kami mendengarkan keseluruhan lagu ini, kami menyukai aransemen dan suara kick yang dihasilkan oleh drum tersebut. Drum yang dipakai adalah perpaduan drum akustik dengan snare yang diganti snare elektrik.



Untuk melihat bagaimana hasil aransemen Firly yang dibantu oleh musisi additional, anda bisa melihatnya di sini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar