Selasa, 23 Februari 2016

BERMAIN GITAR DENGAN TEKNIK "DRIFTING"

Gitar drifting memang merupakan teknik yang tidak diketahui oleh banyak orang pada umumnya. Teknik ini jarang digunakan oleh musisi masa kini karena tidak ada peran suara vokal (hanya berupa alunan instrumen saja). Meskipun kurang dikenal, ada saja beberapa orang yang menyukai teknik permainan ini dan beberapa dari merekapun mendalaminya. Di Indonesia contohnya ada Prisa Rianzi, gitaris wanita yang memainkan gitar drifting karena terinspirasi Andy Mckee dan juga Jonathan Prasetyo. Andy Mckee adalah salah satu artis (dan orang pertama yang terkenal) yang mempopulerkan gitar drifting dan dinaungi oleh Candyrat Records. Dia sudah memainkan dan mengeluarkan beberapa "single" instrumen gitar drifting 9 tahun yang lalu sebelum munculnya artis - artis baru seperti Ewan Dobson, Luca Stricagnoli, Mike Dawes, dan yang Daniel Padim. Salah satu single yang terkenal adalah "Guitar Driftig" yang sudah ditonton 53.971.311 kali dan di like sebanyak 290.130 dan single lainnya berjudul "The Reason"


Jika anda menyukai musik akustik, klasik, atau lagu dengan alunan nada yang lembut, gitar drifting patut anda dengarkan karena teknik permainannya yang kompleks dapat menciptakan kesan memainkan beberapa gitar padahal hanya satu gitar yang dipakai untuk memainkan gitar drifting. Harmonisasinya yang dinamis, progresi akor yang indah, dan beat yang dihasilkan cukup memberi penilaian bahwa teknik tidaklah mudah untuk dipelajari. Contohnya, anda bisa mendengarkan koleksi lagu dari Candyrat Records dengan beberapa artis andalannya.

Sekilas, kita bisa melihat teknik permainan gitar drifting ini seperti permainan gitar pada umumnya tetapi, perbedaannya adalah tangan kanan yang biasanya digunakan untuk men-strum senar juga ikut berperan memainkan nada pada fretboard dengan cara memukul senar (teknik Hammer-Ons). Kedua tangan ini pun berperan menghasilkan "beat"di sela - sela permainan "chord" dengan cara memukul body gitar seperti memainkan jimbe. Tentunya, hanya salah satu tangan yang memainkan "beat" dan dilakukan secara bergantian misalnya tangan kiri memukul body gitar sedangkan tangan kanan memukul senar pada salah satu fret. Kita juga akan melihat banyaknya "sliding" saat menghasilkan nada karena teknik tersebut berpengaruh dalam memberi kesan "manis" pada instrumen yang dimainkan. Teknik Classical Harmonic tidak kalah penting dalam permainan ini apalagi kita akan mendengar suara "harmonic" tersebut sepanjang instrumen dimainkan. 

Anda tertarik dengan permainan gitar drifting? Anda ingin mempelajarinya? Silahkan kunjungi beberapa situs ini : WonderHowTo, Answers, How to Play Drifting Tutorial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar